close
Booking.com

Tips Menyusun Anggaran Keluarga dalam Berwisata

Traveling ke tempat-tempat wisata adalah hal yang menyenangkan untuk me-refresh kembali semangat kita dalam menjalani rutinitas kehidupan di kantor, di sekolah, di kampus ataupun dimana saja kita berjibaku dalam  kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa ide / tips dalam menyusun anggaran keluarga dalam berdarmawisata.

Cari akomodasi dengan harga miring. Menginaplah di budget hotel, serviced apartment, atau guest house. Jika memutuskan menginap di guest house atau hostel, pastikan penginapan yang Anda pilih bisa menerima tamu anak-anak karena ada beberapa guest house atau hotel yang memberlakukan batasan usia. Kalau tidak ada batasan usia, pilih kamar dormitory yang memiliki kamar mandi di dalam untuk kenyamanan.

Makan makanan lokal atau di restoran fast foot. Jangan mencari makanan Indonesia ketika sedang traveling di luar negeri kecuari di singapura dan Malaysia karena harga makanan Indonesia di luar negeri cukup mahal. Makanlah apa yang dimakan oleh penduduk setempat, alias makan lokal. Untuk anak-anak yang mungkin tidak terlalu cocok dengan makanan lokal, restoran fast foot mungkin bisa lebih sesuai.

Ajari anak traveling, bukan shopping (smart shopping). Hindarkan anak-anak menjadi konsumtif dengan membatasi apa yang mereka beli selama traveling. Traveling bukan sohpping. Ada segudang ilmu yang bisa didapat dari traveling, bukan hanyaberkeliling dari satu mal lain di sepanjang perjalanan.

Diskusi keluarga sebelum berangkat. Diskusi bersama pasang penting sekali dilakukan sebelum traveling tentukan biaya yang yang akan keluarkan (termasuk alokasi biaya belanja jika ada), pilihan pesawat dan penginapan tempat-tempat yang wajib didatangi, sampai perlu atau tidaknya membawa stroller. Diskusi di awal akan menghindarkan kesalahanpahaman saat traveling. Jangan sampai family traveling yang harusnya mendekatkan satu sama lain malah menjadi ajang perselisihan.

Buat itinerary, budget planning, dan packing yang teliti. Setelah berdikusi, susun itinerary dan buat perkiraan budget. Jadwal perjalanan dan perkiraan pengeluaran akan membuat traveling lebih terencana dalam hal waktu dan uang. Ketelitian dalam packing juga penting untuk menghindari biaya ekstra kalau ada barang yang tertinggal, terutama perlengkapan anak.


Naik transportasi lokal atau jalan kaki. Mengajak keluarga naik transportasi lokal atau berwisata sambil berjalan kaki bukan hanya menghemat biaya, tapi juga mengajari anak menikmati suasana tempat yang di datangi sekaligus belajar berinteraksi dengan penduduk setempat. Membiarkan anak membeli tiket sendiri dan mengantre sebelum masuk kereta atau bus akan membuat mereka belajar mandiri dan disiplin.

Untuk transportasi, sesuaikan dengan jumlah peserta yang berwisata, untuk jumlah peserta sampai dengan enam orang dapat menggunakan mobil avanza/grandlivina/innova, jika lebih dari tujuh peserta sampai lima belas orang menggunakan rental mobil isuzu elf adalah pilihan yang tepat, jika lebih dari dua puluh sampai tiga puluh dapat menggunakan bus medium, lebih dari itu Big Bus dapat dijadikan pilihan yang bagus.

Kami elfatrans, siap memberikan pelayanan transportasi dengan kendaraan berkelas standard pariwisata dengan driver-driver yang cukup mengenal tempat-tempat wisata Nusantara.

Salam,

elfatrans
Sumber: 101 Travel Tips & Stories Claudia Kaunang 2014

Related Posts:

Blogging Fusion Blog Directory

Blogging Fusion Blog Directory